Cara Memangkas Tanaman Bonsai

 

Ada beberapa tanaman yang lebih menarik dan indah daripada pohon di bonsai. Saya menerima bonsai pertama saya sebagai hadiah, tahu sedikit tentang cara merawat tanaman, tetapi yang pasti bukan ahli bonsai. Saya belajar cara menyiram bonsai dan semua tip dan trik kecil yang Anda perlukan untuk memastikan bonsai tetap sehat.

Cara Memangkas Tanaman Bonsai

Kecuali memotong bonsai.

Sebuah pohon di bonsai adalah makhluk hidup. Seperti makhluk hidup lainnya, ia memiliki siklus pertumbuhan. Masalahnya, inti dari bonsai adalah untuk memastikan bahwa pertumbuhannya sedemikian rupa sehingga mensimulasikan penampilan pohon dewasa dalam bentuk mini.

Bagaimana Anda melakukan ini tanpa membunuh tanaman? Untuk tanaman yang indah, Anda ingin memastikan bahwa Anda menjaga bonsai Anda tetap sehat. Karena itu adalah pohon, jika Anda merawatnya dengan benar, ia dapat hidup lama. Memastikan umur panjang bonsai termasuk memangkas bonsai Anda dengan benar.

Jangan takut untuk memangkas tanaman bonsai Anda. Banyak pemula takut mereka akan membunuh pohon bonsai mereka dengan memangkasnya. Bukan itu masalahnya. Agar bonsai tetap sehat dan indah, Anda harus memangkas pohonnya. Langkah pertama yang penting adalah mengetahui di mana dan kapan harus memangkas tanaman bonsai. Ini tergantung pada jenis pohon bonsai yang Anda miliki. Aturan umum adalah untuk memastikan Anda tidak memangkas tanaman bonsai saat getahnya naik. Bonsai adalah pohon dan getah tumbuh di dalamnya sama seperti pohon lain di hutan atau kebun. Jadi, jangan pernah memangkas tanaman bonsai Anda di musim semi! Jika tanaman bonsai Anda adalah pohon gugur (artinya, ia kehilangan daunnya di musim gugur), akhir musim gugur adalah waktu yang ideal untuk memangkas tanaman bonsai Anda. Jika Anda memiliki pohon cemara, potong tanaman bonsai Anda di akhir musim dingin.

Cara Memangkas Tanaman Bonsai

memangkas pohon bonsai

Sebelum Anda memangkas pohon bonsai Anda, perhatikan baik-baik. Apakah ada cabang yang terlihat sakit? Apakah Anda mencari bentuk dan efek tertentu? Bonsai adalah kombinasi seni dan sains. Meskipun Anda ingin memangkas bonsai Anda untuk kesehatan dan umur panjang, Anda juga ingin menjadi cantik! Cabang pertama yang harus dipilih saat Anda memangkas pohon bonsai Anda tentu saja adalah cabang yang sakit atau mati yang tampaknya mengancam kesehatan tanaman. Sementara sejumlah efek “kayu apung” baik untuk efek estetika, pastikan tidak mengganggu kesehatan tanaman bonsai. Jika Anda telah mengamati tanaman bonsai Anda dengan hati-hati, Anda akan memperhatikan cabang mana yang menghasilkan daun atau jarum yang baik, serta cabang-cabang yang tampaknya mengalami kesulitan. Yang terbaik untuk umur panjang bonsai untuk memangkas cabang yang berjuang dan membiarkan getah musim berikutnya naik ke cabang yang sehat untuk kesehatan maksimal.

Ketika Anda telah memutuskan cabang mana yang akan dipotong, ambil gunting tajam Anda dan potong cabang dengan bersih. Setelah Anda memangkas semua yang Anda inginkan, pastikan untuk menutup luka pada tanaman bonsai dengan sealant pohon yang bagus. Jika Anda memiliki pohon yang berganti daun, cobalah cat pohon berbasis tar. Jika Anda memiliki pohon cemara, lebih baik menggunakan lilin cangkok. Anda bisa mendapatkan kedua item di pusat berkebun yang bagus.